INFORMASI TENTANG IKAN CUPANG

Informasi Toko Ikan Cupang dan Cara Budidaya Ternak Ikan Cupang

INFORMASI TENTANG IKAN CUPANG - Informasi Toko Ikan Cupang dan Cara Budidaya Ternak Ikan Cupang

Cara Budidaya Ikan Cupang

Cara Budidaya Ikan Cupang – Penggemar ikan cupang makin hari makin banyak, baik itu dari kalangan anak kecil hingga dewasa. Karena ikan hias tersebut selain rupanya yang cantik juga dapat merupakan tentera yang menarik bila diadu. Ikan ini juga sering disebut ikan laga dan nama latinnya adalah Betta splendens, termasuk dalam famili Anabantidae (Labirynth Fisher). Ekor dan sirip ikan cupang ketika mengembang sungguh memikat para pecinta ikan hias. Warna ikan yang biasa dikenal dengan ikan beta ini sungguh menarik, serta untuk budidaya satwa ini juga tidak membutuhkan tempat yang luas, sehingga bisa dilakukan di rumah.

Konsumen ikan cupang ini adalah para pecinta ikan hias, dan sebagian anak-anak, serta mahasiswa kos yang biasanya menghiasi kamarnya dengan ikan hias. Modal yang dibutuhkan dalam pembudidayaan ikan cupang juga tidaklah besar. Kita hanya mengeluarkan modal sebesar Rp. 5.000.- s/d Rp. 10.000,- untuk sepasang ikan cupang, sebagai indukan. Sebagai wadah tempat ikan atau aquariumnya, kita juga bisa memanfaatkan bekas botol air kemasan yang tentunya kita bisa mendapatkan dengan mudah di sekitar lingkungan rumah. Untuk pakan ikan cupang tidaklah memerlukan pakan ikan yang mahal-mahal, cukup carikan nyamuk mati, jentik-jentik nyamuk atau sisakan beberapa serat daging dari lauk pauk yang kita makan sehari-hari.

Kita juga bisa menjual anakan ikan cupang ke pasaran dengan harga Rp. 1000,- per ekor. Dari sepasang induk ikan cupang bisa dihasilkan 100 s/d 200 anak ikan cupang. Jadi, jika kita hitung keuntungan yang diperoleh dari hal tersebut lumayan besar. Apalagi kalau kita bisa menghasilkan ikan cupang kualitas aduan, kontes atau bahkan kualitas ekspor. Kita bisa mendapatkan ratusan ribu rupiah per ekor.
Namun, tentunya kita juga harus mempelajari terlebih dahulu bagaimana mengawinkan ikan cupang hingga berterlur dan menetaskannya. Ikan cupang jantan dan betina meiliki ciri-ciri khusus untuk dipijahkan (berkembang biak):

Ciri-ciri khas yang dimiliki ikan cupang:

Ciri-ciri khas yang dimiliki oleh ikan cupang hias jantan adalah selain warnanya yang indah, siripnya pun panjang dan menyerupai sisir serit, sehingga sering disebut cupang serit. Sedangkan ikan betina warnanya tidak menarik (kusam) dan bentuk siripnya lebih pendek dari ikan jantan.

Ciri ikan jantan untuk dipijahkan:

* Umur ± 7 bulan.
* Bentuk badan dan siripnya panjang dan berwarna indah.
* Gerakannya agresif dan lincah.
* Kondisi badan sehat (tidak terjangkit penyakit).

Ciri-ciri ikan betina:

* Umur telah mencapai ± 7 bulan
* Bentuk badan membulat menandakan siap kawin.
* Gerakannya lambat.
* Sirip pendek dan warnanya tidak menarik.
* kondisi badan sehat.

Pemijahan dan perawatan ikan

Setelah induk cupang hias dipersiapkan begitu pula dengan wadahnya maka langkah selanjutnya adalah melakukan pemijahan, yaitu:

1. Persiapkan wadah baskom/akuarium kecil dan bersih.
2. Isi wadah dengan air bersih dengan ketinggian 15 – 30 Cm.
3. Masukkan induk ikan cupang jantan lebih dahulu selama 1 hari.
4. Tutup wadah dengan penutup wadah apa saja.
5. Sehari kemudian (sore hari) induk betina telah matang telur dimasukan ke dalam wadah pemijahan.
6. Biasanya pada pagi harinya ikan sudah bertelur dan menempel disarang berupa busa yang dipersiapkan oleh induk jantan.
7. Induk betina segera dipindahkan dan jantannya dibiarkan untuk merawat telur sampai menetas.

Cara Budidaya Ikan Cupang

Pembesaran anak

1. Ketika burayak ikan cupang sudah dapat brenang dan sudah habis kuning telurnya, sudah harus disiapkan media yang lebih besar untuk tempat pembesaran.
2. Pindahkan anakan bersama induk jantannya.
3. Kemudian benih ikan diberi makanan kutu air dan wadah ditutup.
4. Sepuluh hari kemudian anak ikan dipindahkan ke tempat lain.
5. Dan selanjutnya setiap satu minggu, ikan dipindahkan ke tempat lain untuk lebih cepat tumbuh.

 

  • edy suharno says:

    gimana caranya kita tau ikan cupang sudah berumur +/- 7bulan, saya beli ikan cupang yg cewe tp warnanya cerah&badanya panjang(tdk menggumpal),gerakannyajg lincah,cupang yg jantan jg belum mengeluarkan busa. Gimana sih caranya supaya ikan cupang siap kawin(di kasih makan apa?)

    November 29, 2012 at 3:26 pm
    • admin says:

      cba ajaa mas di kasih makan jentik nyamuk, agar telur nya bagus…. baik ikan cupang maupun hias…

      December 4, 2012 at 3:41 pm
  • widi says:

    oh ya kalau habis menetas di beri makan apa ya mas?

    January 17, 2013 at 12:41 pm
  • ahmad says:

    bagaimana cara memilih ikan cupang yang berumur 7 bulan?

    February 5, 2013 at 8:49 am
  • Arif says:

    Tlong minta penjelasan. Gmana caraya memilih betina dan laki laki.

    February 20, 2013 at 2:00 am
  • Iqbal hendrawan says:

    Bagaimanaya cara mengatasi ikan cupang yang tidak mau makan, dan di beri apa?

    February 20, 2013 at 11:16 am
    • admin says:

      mungkin ikan tersebut kurang sehat mas….di beri daun ketapang, selama 2 hari jangan di beri makan dahulu… setelah itu cba di beri. di usahakan jentik nyamuk mas…

      February 23, 2013 at 4:50 pm
  • dimas says:

    aku punya ikan cupang jantan yang siap kawin,tapi waktu ku belikan betina,malah betinanya ngelawan. gima caranya…..?

    March 11, 2013 at 7:34 am
    • resa says:

      berapa hari sih kk misahin pejantan ma anak nya

      June 4, 2013 at 12:26 pm
      • admin says:

        seminggu juga sebenar nya udah bisa mas,,, asalkan si anak nya sudah bisa berenang dengan lincah….

        June 5, 2013 at 5:10 pm
  • sandy says:

    Mau nanya mas ikan cupang saya baru menetas dan udah jadi burayak masih sekitar 2 hari setelah bertelur saya udah pisahkan betina dari wadah pemilihannya yg jadi pertanyaan kapan saatnya saya memisahkan jantan dengan burayak atau anakan nya saya takut nanti malah anakan nya habis dimakan si jantan tolong pencerahan nya mas terima kasih atas pencerahananya

    March 20, 2013 at 1:40 pm
    • yoga says:

      setelah menetas burayak dipindahkah jantannya

      September 7, 2013 at 5:59 am
  • muhammad idrus says:

    mas setelah telur menetas,apakah induk jantan langsung di pisah dari anaknya atau di biarkan saja sampai anaknya besar?

    April 14, 2013 at 5:31 am
  • bagus.w says:

    gimana cara membuat cupang warnanya kuning , yg kualitas mahal gitu dah

    April 17, 2013 at 4:40 am
  • fian says:

    kira2 perlu aerator gk ya gan
    nwn

    April 18, 2013 at 1:38 am
  • maya says:

    Mau tanya jadwal kontes ikan cupang tahun 2013 beserta tempatnya diselenggarakan.
    Terima kasih

    April 20, 2013 at 10:57 pm
  • faridh apache says:

    ikan cupang saya sudah bertelur tapi busa yang di hasilkan cupang jantan tidak cukup untuk wadah telur betinanya..
    apakah telur² tersebut akan bisa menetas nantinya?
    tolong di balas mas broo….
    saya masih pemula

    April 25, 2013 at 5:11 am
    • admin says:

      makanya bro wadah nhya disediakan nya harus yg besar, agar tdk terjadi seperti itu

      June 5, 2013 at 5:14 pm
  • fx says:

    liat aja bagian bawah perut.
    betina akan terlihat jelas bintik putih seperti telur’a

    April 27, 2013 at 3:08 am
  • Hilman says:

    mas, kalo ikannya ciuman itu berati dia kawin ya?

    May 26, 2013 at 11:12 am
  • resa says:

    cupang aq dah menetas tapi bingug kasih makan apa

    June 4, 2013 at 12:25 pm
    • admin says:

      kasih makan kutu air mas…

      June 5, 2013 at 5:10 pm
  • Agus says:

    Klo anak ikannya gak di pindahin ke wadah laen ,gpp kn ?

    June 11, 2013 at 8:42 am
  • Muhammad Tezar says:

    kalo saat pemijahaan di beri enceng gondok tidak?
    atau yang lain?

    June 15, 2013 at 12:45 pm
  • siswandi says:

    Bagaimana cara memilih indukan betina utk cupang hias, Mas? (tolong jawabannya Mas, segera?!)

    June 23, 2013 at 1:58 am
  • ivan says:

    mas berapa hari telur ikan cupang menetas nya.?

    June 27, 2013 at 7:09 am
    • admin says:

      biasa nya kurang lebih 3-4 hari mas

      August 26, 2013 at 4:08 pm
  • iccang says:

    kenapa ikan cupang tdak bisa bertelur klau kecil tempatnya…?

    July 2, 2013 at 7:02 am
  • yoga says:

    mas..
    mav saya mw nanya..
    setiap telur sudah jadi blayak kog ilang yahh.. padahal si burayak sudah berumur 2 hari…??
    sy bingung apa dimakan yah sama si jantan?

    satu lagi mas.. selain kutu air.. makanan buat buarayak apa? sudah sy kasi kuning telur 0,005% tp tetep aja burayaknya ilang.. tolong dibantu mas :) :)

    July 25, 2013 at 7:56 am
    • admin says:

      iya mas,, makanya si jantannya di beri makan, selain kutu air cba mas cari yang namanya “artemia”

      August 26, 2013 at 4:07 pm
  • Panji Asoka says:

    mas mau tanya..
    waktu pagi hari itu udah bertelur, tapi baru sedikit, padahal gelembung yg dibuat induk jantannya lumayan banyak..
    itu gimana mas?
    induk betinanya jgn dipisah dulu biar nambah telur lagi apa segera dipisah aja mas???

    August 10, 2013 at 3:41 am
    • admin says:

      kalau sudah proses perkawinan,, segera di angkat mas betina nya…

      August 26, 2013 at 4:05 pm
  • m nur.ichsan says:

    aku mau lihat ikan cupang adu gembala di ember

    August 12, 2013 at 7:46 am
  • edo firdaus says:

    gan mau nanya nih kalo kutu air nya di saring ap nggk gan

    August 18, 2013 at 2:59 am
    • admin says:

      kalo untuk umur seminggu sih yang bagus nya di saring mas…

      August 26, 2013 at 4:04 pm
  • muhammad abdan Hanifa says:

    klu buat anak2 ikan cupang yg baru lahir makanan.a apa aja ya??

    August 23, 2013 at 5:49 am
    • admin says:

      artemia, kuning telur matang, susu bubuk, dan kutu air…

      August 26, 2013 at 4:04 pm
  • risky says:

    mas saya punya betina ama jantan saya kawinkan malah brantem betina besar sikit mas abistu gimana besarin jantannya yg cepet dan kutu air nyarinya dmana

    August 23, 2013 at 8:08 am
    • admin says:

      tinggal beli aja mas jantannya yang lebih besar, udah gtu kutu air cari nya di empang terdekat mas…

      August 26, 2013 at 4:03 pm
  • rikano says:

    cupang saya bertelur dan menetas sempurna krna ngikutin saran2nya mas. makasi bro :)

    September 12, 2013 at 1:52 am
  • willy says:

    ketika sudah bertelur sijamtan diberi makan apa ngak

    September 12, 2013 at 8:35 am
  • Dedesanjai says:

    Mas tlng no hp nya dan mas dr kota mana,saya ingin belajar.tlng jd mentor saya mas.saya dr medan tolong di balas ya mas

    October 2, 2013 at 2:38 am
  • lucki says:

    ikan sya ga mau kawin mas malah si betina x di hajar sma si jantan ampe siritnya habis gmana tuh mas cara x biar mau kawin n ga brantem lg

    October 9, 2013 at 1:46 am
    • admin says:

      memang seperti itu mas proses awal perkawinannya

      October 14, 2013 at 4:17 pm
  • CupangAduCibubur says:

    Gan , kalo yang kita inginkan cupang adu kualitas super , ada tips tips khususnya gak ?. Kalo ada gimana caranya ?.
    Sama ‘artemia’ itu bisa kita dapatkan dimana yaa ?. Thanks (y)

    December 11, 2013 at 10:14 pm
  • indra says:

    ikan saya berjamur mas apa ada obat yg manjur agar si ikan cepat sembuh ,,slain di bri garam dan daun ketapang da ada ikan aku mas mati akibat penyakit yg dinmakan jamur tu mas tlng pemberitahuan nya ya mas sekalian

    February 1, 2014 at 4:14 am
  • ukid says:

    mas gmana cra mengetahui ikan cupang yang udh brumur 7 bln

    February 8, 2014 at 11:38 am
  • herian saputra says:

    mlam gan!! gan saya punya sepasang hantan siap kawina tapi pas saya kawin kan betina nya di hajar sampai mati itu gmn gan???

    February 17, 2014 at 7:43 pm
  • admin says:

    kalo itu tanyakan pada peternak atau ke penjual nya mas…

    April 28, 2014 at 3:44 am

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*